Sunday, October 2, 2016

Perbedaan Komunikasi Satu Arah dan Dua Arah - Peran Komunikasi Dalam Manajemen Organisasi

Nama: Angga Julfikar
NPM: 11514200
Kelas: 3PA19

BAB I



 PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
       Komunikasi pada manusia terjadi apabila suatu pesan atau informasi berpindah dari seseorang ke orang lain, baik pesan yang memiliki makna ataupun tidak.
       Kelebihan manusia dibandingkan dengan makhluk lainnya salah satunya ada kemampuan dalam berpikir dan mengkomunikasikannya kepada orang lain. Dalam berkomunikasi, manusia di dunia pada umumnya menggunakan bahasa. Didalam penggunaan bahasa dibutuhkan juga imajinasi atau kemampuan unuk membayangkan, sebelum suatu informasi disampaikan kepada orang lain. Misalnya ketika dua orang teman bercakap-cakap, dimana yang lain kepada "Mereka tadi berkelahi dipasar". Kedua orang tersebut, baik yang memberi informasi maupun yang menerima informasi harus membayangkan keadaan yang diinformasikan melalui kalimat tersebut.
      Informasi merupakan muatan yang menjadi bagian pokok dalam komunikasi, oleh karna itu arah informasi tersebut akan menentukan macam komunikasi yang sedang terjadi.


BAB II
PEMBAHASAN
 A. Perbedaan Komunikasi Satu Arah dan Dua arah
 1. Komunikasi satu arah
    Komunikasi yang berlangsung dari satu pihak saja (one way communication). Pada umumnya komunikasi ini terjadi dalam keadaan mendesak atau darurat atau yang terjadi karena sistem yang mengaturnya harus demikian, misalnya untuk menjaga kerahasiaan atau utuk menjaga kewajiban pemimpin.
       Contohnya: pemberian tugas dari atasan kepada bawahan, pidato dari pemimpin saat apel, siaran radio noninteraktif, siaran televisi noninteraktif, berita di internet.

2. Komunikasi dua arah
    Komunikasi yang bersifat timbal balik (two ways communication). Dalam hal ini komunikasi diberi kesempatan untuk memberikan respons atau feed back kepada komunikatornya. Maka komunikasi ini dapat memberikan kepuasan kedua belah pihak dan dapat menghindarkan terjadinya kesalah pahaman.
     Contohnya: obrolan antar teman, acara kuis di televisi, perbincangan antar pegawai.

B. Peran Komunikasi Dalam Manajemen Organisasi
     Komunikasi dalam organisasi sangat penting karena dengan adanya komunikasi maka seseorang bisa berhubungan dengan orang lain dan saling bertukar pikiran yang bisa menambah wawasan tentang seseorang dalam bekerja atau menjalani kehidupan sehari-hari. Maka untuk membina hubungan kerja antar pegwai maupun antar atasan bawahan perlulah membicarakan komunikasi secara lebih terperinci.
      Dalam suatu organisasi komunikasi dilakukan untuk menyampaikan berita, perintah dari atasan, pemberitahuan kebijakan perusahaan, ataupun untuk menanggapi masalah bawahan atau keluhan bawahan. Dengan demikian keluhan, masalah maupun informasi yang diperlukan antar karyawan maupun antar bawahan bisa dilakukan/diselesaikan dengan baik.















DAFTAR PUSTAKA


No comments:

Post a Comment